Pickable dalam game Mario berbentuk koin, yang mana jika sudah mencapai 100 koin, Mario mendapat 1 nyawa ekstra, ada jamur (Mushroom) merah yang akan membuat Mario menjadi besar dan kuat, Jamur hijau yang memberikan nyawa ekstra secara instant, Bunga matahari yang memberikan mario kemampuan menembakkan bola api dan bintang yang memberikan Mario kekuatan dan kekebalan untuk waktu tertentu.
Kita akan mencoba membuat Pickable paling sederhana dalam game, yaitu Koin. Koin yang dikumpulkan akan memberikan skor tambahan, dan nanti jika dikembangkan bisa juga memberikan nyawa ekstra. Menambahkan objek koin sama dengan menambahkan objek lainnya, anda siapkan gambar (sprite) koin terlebih dahulu, boleh dalam bentuk animasi atau gambar statis, boleh berbentuk koin atau bentuk lainnya, misalnya dalam game Crash Bandicoot, pickable nya berbentuk buah dan kotak kayu. Jika anda belum memiliki gambar koin, anda dapat menggunakan gambar koin buatan saya dengan klik disini.
Setelah menambahkan objek koin, anda harus membuat Event baru yang menyatakan jika koin tersebut bersentuhan dengan objek karakter anda, maka objek koin tersebut sudah diambil dan harus dihilangkan dari game.
Buka tab event, dan buat event baru, lalu "Add a condition" pada kotak kondisi. Pada window "Edit the condition", buka pilihan "All objects", buka pilihan "Collision" lalu pilih "Collision".
Gambar 1 |
Kemudian klik "Add an action" pada tab event, dan ketika window "Edit the action" muncul, buka pilihan "All objects", buka "Objects" lalu pilih "Delete an object".
Gambar 2 |
Gambar 3 |
Sebuah game pasti akan sangat membosankan jika tidak disertai efek suara dan musik. Anda dapat dengan mudah mendapatkan berkas efek suara dan musik secara gratis dari penyedia yang ada, tinggal cari dengan bantuan mbah Google, namun jika anda bisa membuat musik dan efek suara sendiri, itu sangat dianjurkan karena akan membuat game anda menjadi unik dan lebih menarik.
Perlu diingat bahwa pada GDevelop, file musik yang digunakan adalah jenis file yang memiliki ekstensi OGG, sedangkan untuk berkas efek suara menggunakan berkas berekstensi WAV. Jadi jika anda memiliki berkas dengan ekstensi berbeda, anda harus mengubahnya terlebih dahulu dengan bantuan perangkat lunak pengubah jenis file seperti Format Factory atau Audacity.
Untuk menambahkan musik, anda dapat melakukannya dengan menambah event baru pada projek anda, kali ini anda harus mengatur musik akan berkumandang secara terus menerus sampai ada event tertentu yang mengharuskan musik berhenti. Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah game anda sudah memutar musik atau tidak, caranya tambahkan event baru, lalu "Add a condition" dan pada window "Edit the condition", buka pilihan "Audio" lalu klik pada ""A music is being played".
Gambar 4 |
Klik "Add an action" untuk menambahkan perintah aksi, lalu pada window "Edit the action" yang muncul, buka pilihan "Audio", buka pilihan "Music on channels" dan pilih "Play a music on a channel".
Gambar 5 |
Dalam GDevelop, anda bisa memasang berkas suara, baik itu musik maupun efek pada beberapa channel tertentu, yang mana sangat berguna dan memudahkan untuk memodifikasinya nanti, misalnya anda ingin suara musik menjadi pelan atau keras, atau bisu sama sekali tanpa mempengaruhi suara yang lainnya yang ada di channel yang lain.Pada "Repeat the sound" beri centang pada kotak kecil di sebelahnya, dan klik tombol kecil di ujung kotak kosong, lalu pilih yes pada window kecil yang muncul untuk memutar musik itu terus menerus (loop). lalu klik Ok.
Selanjutnya adalah menambahkan efek suara, jika anda belum punya berkas suara, anda dapat mengunduhnya secara gratis di situs penyedia efek suara atau anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi LabChirp.
Untuk menambahkan efek suara disaat koin diambil, anda tinggal menambahkan action baru pada event dimana koin tersebut bersentuhan (collision) dengan objek karakter (gambar 3). Gerakkan mouse anda ke atas kotak action yang sekarang bertuliskan "X Delete object Koin", dan klik "Add an action", kemudian buka pilihan "Audio" dan pilih "Play a sound".
Gambar 6 |
Jika anda melakukannya dengan benar, maka sekarang daftar event anda akan menjadi seperti ini:
Gambar 7 |
OK, guys! Demikianlah bahasan mengenai penambahan Pickable, musik dan efek suara, sekarang anda dapat bereksperimen dengan menambahkan beberapa objek pickable lainnya, menambahkan efek suara untuk melompat, terjatuh dan lain sebagainya. Pada kesempatan berikutnya akan saya bahas tentang Variable dan Global variable yang berguna untuk menyimpan nilai skor, jumlah nyawa dan lain sebagainya, juga menambahkan Objek Text untuk menampilkan nilai skor atau lainnya. Teruslah mengikuti Otak berlubang, dan jangan lupa share kepada teman yang lain.
Terima kasih! :)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar