Rabu, 02 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 4: Menambahkan Objek dan animasi

Sebuah game harus memiliki setidaknya satu objek untuk dimainkan. Buka kembali projek yang telah anda buat (jika anda belum membuatnya, silahkan klik disini). Untuk menambahkan objek pada projek anda, pastikan tab "New Scene" dan tab "Scene" yang terpilih, klik kanan pada bagian tengah area kerja GDevelop lalu pilih "Insert a new object"


Maka akan muncul sebuah window kecil untuk memilih jenis objek yang akan ditambahkan kedalam projek anda nantinya:

Penjelasan mengenai jenis objek akan saya coba bahas nanti sambil berjalan, untuk saat ini, anda pilih jenis Sprite, yaitu object yang memiliki satu atau lebih gambar dan bisa dianimasikan sesuai dengan kondisi dalam game, lalu klik tombol OK. Maka anda akan melihat sebuah window baru yaitu "Edit the sprite object" dimana anda bisa menyunting, menambah atau menghapus gambar dan animasi pada objek tersebut.


Saat ini window tersebut masih kosong, kita akan menambahkan beberapa gambar dan animasi pada objek ini. Animasi adalah satu atau lebih gambar yang menunjukkan kondisi objek, satu objek bisa memiliki lebih dari satu animasi di dalamnya tergantung kebutuhan, misalnya animasi diam, berjalan, berlari, melompat, terluka dan lain - lain. Jika dalam satu animasi terdapat lebih dari satu gambar, maka animasi tersebut terlihat bergerak dan bisa terus berulang (loop).

Untuk menambahkan gambar pada animasi, pertama anda harus menyiapkan gambar untuk objek anda, anda bisa membuatnya dengan bantuan perangkat lunak untuk menggambar seperti Photoshop, Aseprite, GIMP atau cukup dengan bawaan OS anda seperti MS Paint pada Windows. Buatlah beberapa gambar dengan berbagai pose seperti berdiri diam, berlari dan melompat. Jika anda belum memiliki gambarnya, anda dapat menggunakan gambar yang saya pakai dalam tutorial dengan klik disini.

Setelah gambar siap, klik kanan pada ruang kosong didalam kotak "Images" pada bagian bawah window lalu pilih "Add an image from a file", lalu jelajah komputer anda ke tempat dimana anda menyimpan file-file gambar tersebut, pilih gambar tokoh yang sedang berdiri diam (stand) dan klik tombol "Open". Setelah gambar yang anda pilih muncul di window "Edit the sprite object", anda boleh menutup window tersebut dengan aman.

Jika anda melakukannya dengan benar, maka objek pertama anda sekarang telah mulai terbentuk seperti ini:


Dan pada bagian Objects editor akan muncul NewObject di bawah folder Object. Pada saat ini, objek yang anda tambahkan belum bisa melakukan apa - apa karena memang belum memiliki "Behaviour" atau perilaku yang nanti akan saya jelaskan. Sekarang kita akan menambahkan animasi baru pada objek ini yaitu animasi berlari atau berjalan.

Dobel klik NewObject pada kotak Objects editor, maka window "Edit the sprite object" akan muncul kembali, kali ini klik pada ikon "+" di bagian kiri atas dalam kotak Animations

Maka akan muncul satu animasi baru dibawah animasi sebelumnya. Klik Animation 1 (yang baru dibuat) lalu tambahkan beberapa gambar dengan pose berlari atau berjalan, caranya sama dengan diatas, namun kali ini anda dapat memilih lebih dari satu gambar secara bersamaan. Jika anda melakukannya dengan benar, maka akan nampak seperti ini:


Klik kanan pada Animation 1, lalu atur "Time between each images" menjadi 0.3, dan beri centang pada "Loop the animation" agar gambar terus berulang secara cepat.


Anda bisa melihat tampilan gambar bergerak dengan klik pada tombol preview (segitiga) yang terletak pada bagian atas, dan perhatikan apabila animasi yang ditampilkan sudah benar atau ada urutan gambar yang tidak sesuai hingga mengakibatkan gambar animasi loncat-loncat. Anda bisa menggeser posisi sebuah gambar dengan menggunakan tombol K dan J pada keyboard anda.

Jika dirasa sudah sesuai dengan harapan, anda harus menambahkan 2 animasi baru untuk gerakan melompat dan terjatuh, saya menambahkan Animation 2 berisi gambar melompat (jump) dan Animation 3 berisi gambar terjatuh (fall).

Sampai disini, anda sudah memiliki 1 objek dan telah terisi dengan animasi yang diperlukan. Anda dapat mengubah nama objek dengan klik objek tersebut pada kotak Objects editor lalu tekan F2 pada keyboard. Saya mengganti nama objek saya menjadi "Lakon".

Jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja anda dengan klik pada tab Projects, dan klik Ikon "Save" untuk menyimpan, atau bisa dengan menekan CTRL + S pada keyboard anda.

Untuk bahasan selanjutnya, kita akan memberikan "Behaviour" atau perilaku pada objek ini hingga nantinya akan bisa bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi, lanjutkan membaca artikel selanjutnya! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar