Rabu, 02 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 3: Membuat game Platformer

Kali ini kita akan mulai belajar membuat game menggunakan GDevelop. Game yang akan kita buat kali ini adalah game Platformer, seperti game klasik Mario Bros, dimana karakter yang dimainkan akan berjalan dari kiri ke kanan atau sebaliknya, melompat dari satu landasan ke landasan lainnya, mengumpulkan koin dan lain sebagainya.



Jalankan GDevelop (jika komputer anda belum terpasang GDevelop, klik disini), dan setelah masuk ke Start Page, klik pintasan projek baru (New):


Maka akan tampil sebuah window kecil untuk memilih target perangkat dan template game yang akan kita buat seperti ini:






Disana akan terlihat ada dua pilihan target perangkat, HTML5 dan Native. Untuk membuat game yang bisa dimainkan di browser atau perangkat Android, pilih HTML5, dan untuk membuat game yang hanya bisa dimainkan di perangkat komputer (Windows atau Linux), pilih Native. Kita akan mencoba membuat game HTML5, karena distribusi game HTML5 lebih luas daripada jenis Native.


Pilih HTML5 pada kotak bagian kiri dan pilih dan Empty project pada bagian kanan. Kenapa tidak ambil salah satu template? Karena disini kita akan belajar dari nol agar lebih mengerti cara kerja dari pembuatan game dan percayalah, mengutak-atik kode buatan orang lain lebih memusingkan daripada membuat kode sendiri.

Pada bagian bawah dari window kecil tersebut, ada kotak jalur dimana projek yang anda buat akan disimpan, anda tidak perlu mengubahnya kecuali anda menginginkannya. Klik tombol "Create the new project" untuk memulai.

Anda akan disuguhkan tampilan sedikit berbeda pada GDevelop, dimana ada tab baru pada bagian kotak utama dan sebuah kotak "Objects Editor" di bagian paling kanan.


Pada Project manager (Kotak paling kiri), anda akan melihat projek yang sedang anda kerjakan beserta isinya. GDevelop dapat menampilkan lebih dari satu projek secara persamaan, misalnya anda mengerjakan game A dan game B pada window yang sama.

Sebuah game platformer harus memiliki setidaknya satu tokoh yang bisa digerakkan dan landasan untuk si tokoh berdiri dan berjalan, karena semua tokoh dalam game platformer akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi, hingga jika tidak ada landasan maka tokoh - tokoh tersebut akan melayang jatuh selamanya. Pada bagian selanjutnya, saya akan membahas mengenai menambahkan objek pada game dan membuatnya bisa digerakkan. Jadi, teruslah membaca! :D


Tidak ada komentar :

Posting Komentar