Kamis, 03 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 5: Object Behaviour

Setelah sukses menambahkan objek dan memberikan gambar serta animasi, objek anda hanya akan berdiri diam di dalam scene, tidak ada aksi maupun reaksi. Sekarang kita akan memberikan objek tersebut satu "Behavior" alias "perilaku".

Behavior adalah sekumpulan kode yang telah dikemas sedemikian rupa sehingga kita tidak perlu lagi repot untuk membuatnya. Anda tinggal menambahkan Behavior kepada objek dan objek tersebut sudah siap beraksi di atas panggung (scene).



Berikut adalah behavior yang bisa ditambahkan kedalam objek:
  1. Destroy when outside the screen: Program akan menghapus objek secara otomatis jika objek tersebut berada diluar layar, contohnya untuk objek peluru.
  2. Draggable object: Objek yang diberikan behavior ini bisa ditarik/dipindahkan menggunakan mouse.
  3. Pathfinding: Behavior ini akan membuat objek bergerak menuju target dengan menghindari objek rintangan.
  4. Obstacle for pathfinding: Mengubah sebuah objek menjadi rintangan untuk dihindari oleh objek yang memiliki behavior Pathfinding.
  5. Physics engine: Memberlakukan hukum ilmu fisika pada sebuah objek, misalnya memberikan gaya gravitasi, perlambatan, percepatan, beban dan lain sebagainya.
  6. Platform: Mengubah sebuah objek menjadi landasan, lantai atau tanah tempat berpijak bagi objek yang memiliki behavior "Platformer character".
  7. Platformer character: Objek yang memiliki behavior ini secara otomatis akan terpengaruh gaya gravitasi, mampu berjalan ke kiri dan ke kanan juga bisa melompat, dan memerlukan objek dengan behavior Platformer untuk tempatnya berpijak.
  8. Top-down movement (4 or 8 directions): Memberikan kemampuan kepada objek untuk digerakkan ke 4 atau 8 arah.
 Karena anda akan membuat game Platformer, maka behavior yang diperlukan adalah Platformer behavior. Untuk menambahkan satu atau beberapa behavior kepada sebuah objek, klik kanan objek yang ada di dalam window utama lalu pilih "Add a behavior to the object" seperti nampak pada gambar di bawah:





Lalu akan muncul sebuah window kecil dengan pilihan behavior yang akan digunakan:


Jika anda belum pernah menambahkan behavior apapun sebelumnya, maka semua behavior pada window tersebut berwarna abu, tandanya belum ada behavior yang digunakan. Anda pilih Platformer character dari daftar behavior diatas, lalu klik OK. Jika ada peringatan atau konfirmasi seperti ini:


Tandanya ekstensi behavior tersebut belum ditambahkan ke dalam projek game anda, tidak perlu cemas, tinggal klik YES saja untuk menambahkannya. Selamat! Objek anda sekarang sudah memiliki sebuah behavior dan bisa digerakkan. Anda bisa mencoba melihat hasilnya dengan klik tab Scene lalu klik tombol Preview (tombol dengan gambar segitiga) pada bagian atas window GDevelop. Jika anda mencoba menjalankan game anda, maka objek karakter anda akan melayang jatuh karena memang kita belum menambahkan apapun sebagai tempatnya berpijak.

Sekarang kita akan menambahkan objek platform untuk tempat berpijak objek karakter anda. Saya sudah menyiapkan 2 buah gambar (Sprite) tanah, jika anda belum sempat membuatnya, anda dapat mengunduhnya disini.

Tambahkan sebuah objek baru ke dalam scene (cara menambahkan objek, bisa anda baca disini), tapi sekarang anda harus menggunakan objek Tiled Sprite, bukan Sprite seperti yang telah anda lakukan pada objek karakter anda.





Jika muncul peringatan atau konfirmasi, anda klik YES saja untuk menambahkan ekstensi tersebut, maka akan muncul sebuah window Settings of the tiled sprite object seperti ini:





Anda harus menambahkan gambar untuk dipakai pada objek platform ini, caranya adalah dengan klik tombol "+" di pojok kiri atas dan jelajah ke tempat di mana gambar yang akan dipakai berada lalu klik Open, geser ke bawah pada daftar gambar, klik nama gambar yang barusan anda buka hingga gambar yang dikehendaki juncul di kotak preview, lalu klik pada tombol kecil dengan tanda + berwarna hijau di sebelah kotak kosong di bawah tulisan Textures, tidak perlu mengubah pengaturan lainnya, lalu klik OK.


Objek platform akan muncul di scene, dengan ukuran 32x32, anda dapat klik pada objek tersebut dan memindahkannya ke tempat yang anda inginkan serta mengubah ukurannya agar lebih besar dan tebal. Jangan lupa untuk mengganti nama objek yang baru anda buat, saya mengubah nama objek ini menjadi "Rumput".

Jika anda mencoba game anda sekarang, mungkin karakter anda akan jatuh menembus objek rumput, mengapa demikian? Karena objek rumput belum memiliki behavior platform yang diperlukan!

Tambahkan behavior pada objek rumput, pilih behavior Platform daridaftar pilihan behavior. Jika anda melakukannya dengan benar, maka objek karakter anda akan jatuh dan berdiri diatas objek rumput, dan sekarang anda dapat mencoba menggerakkan objek karakter anda ke kiri, ke kanan dan melompat dengan tombol panah kiri, panah kanan dan spacebar.

Untuk menambah objek baru yang sama, misalnya anda ingin menambahkan beberapa objek rumput di atas, anda tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard dan klik lalu tarik objek rumput, maka akan tercipta sebuah salinan dari objek tersebut di scene.

Buatlah beberapa objek rumput, susun sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah level, saya membuatnya seperti ini:





Jika anda membuat seperti gambar saya diatas, anda akan menyadari jika objek karakter anda berjalan terlalu ke kanan atau ke kiri, maka objek karakter anda akan menghilang dari layar. Ini disebabkan karena anda belum mengatur pergerakan kamera untuk mengikuti objek karakter anda. Tentang hal ini, akan saya jelaskan pada artikel bagian selanjutnya.

Demikian pelajaran kita kali ini, semoga ada manfaatnya bagi kita semuanya, dan jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan dan artikel-artikel terbaru dari saya. Terima kasih! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar