Sabtu, 05 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 7: Menambahkan pickable, musik dan efek suara

Dalam game Mario Bros, Mario tidak hanya berlari kesana kemari lalu menurunkan bendera di akhir level dan menang. Ada yang harus dilakukan oleh Mario agar dapat menambah nyawanya, membuatnya lebih kuat dan besar, juga memberikan kemampuan menembakkan bola api. Semua itu bisa diperoleh Mario dengan mengambil objek Pickable atau Collectible, yaitu benda yang bisa diambil/dipungut dan dikumpulkan.

Pickable dalam game Mario berbentuk koin, yang mana jika sudah mencapai 100 koin, Mario mendapat 1 nyawa ekstra, ada jamur (Mushroom) merah yang akan membuat Mario menjadi besar dan kuat, Jamur hijau yang memberikan nyawa ekstra secara instant, Bunga matahari yang memberikan mario kemampuan menembakkan bola api dan bintang yang memberikan Mario kekuatan dan kekebalan untuk waktu tertentu.

Kita akan mencoba membuat Pickable paling sederhana dalam game, yaitu Koin. Koin yang dikumpulkan akan memberikan skor tambahan, dan nanti jika dikembangkan bisa juga memberikan nyawa ekstra. Menambahkan objek koin sama dengan menambahkan objek lainnya, anda siapkan gambar (sprite) koin terlebih dahulu, boleh dalam bentuk animasi atau gambar statis, boleh berbentuk koin atau bentuk lainnya, misalnya dalam game Crash Bandicoot, pickable nya berbentuk buah dan kotak kayu. Jika anda belum memiliki gambar koin, anda dapat menggunakan gambar koin buatan saya dengan klik disini.

Setelah menambahkan objek koin, anda harus membuat Event baru yang menyatakan jika koin tersebut bersentuhan dengan objek karakter anda, maka objek koin tersebut sudah diambil dan harus dihilangkan dari game.
Buka tab event, dan buat event baru, lalu "Add a condition" pada kotak kondisi. Pada window "Edit the condition", buka pilihan "All objects", buka pilihan "Collision" lalu pilih "Collision".

Gambar 1
Pada bagian kanan, isi dengan objek karakter anda (Lakon) dan objek koin di bawahnya, lalu klik Ok.
Kemudian klik "Add an action" pada tab event, dan ketika window "Edit the action" muncul, buka pilihan "All objects", buka "Objects" lalu pilih "Delete an object".

Gambar 2
Pada bagian kanan, isi dengan objek koin lalu klok Ok untuk menutup window tersebut dan menambahkan aksi yang terpilih ke jendela event. Jika anda melakukannya dengan benar, maka tab event anda akan memiliki satu item baru seperti ini:

Gambar 3
Jika anda mencoba menjalankan game anda sekarang, seharusnya objek koin yang bersentuhan dengan objek karakter anda akan hilang dari layar.

Sebuah game pasti akan sangat membosankan jika tidak disertai efek suara dan musik. Anda dapat dengan mudah mendapatkan berkas efek suara dan musik secara gratis dari penyedia yang ada, tinggal cari dengan bantuan mbah Google, namun jika anda bisa membuat musik dan efek suara sendiri, itu sangat dianjurkan karena akan membuat game anda menjadi unik dan lebih menarik.

Perlu diingat bahwa pada GDevelop, file musik yang digunakan adalah jenis file yang memiliki ekstensi OGG, sedangkan untuk berkas efek suara menggunakan berkas berekstensi WAV. Jadi jika anda memiliki berkas dengan ekstensi berbeda, anda harus mengubahnya terlebih dahulu dengan bantuan perangkat lunak pengubah jenis file seperti Format Factory atau Audacity.

Untuk menambahkan musik, anda dapat melakukannya dengan menambah event baru pada projek anda, kali ini anda harus mengatur musik akan berkumandang secara terus menerus sampai ada event tertentu yang mengharuskan musik berhenti. Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah game anda sudah memutar musik atau tidak, caranya tambahkan event baru, lalu "Add a condition" dan pada window "Edit the condition", buka pilihan "Audio" lalu klik pada ""A music is being played".

Gambar 4

Pada bagian kanan, biarkan nilai 0 pada kotak "Channel", dan pada bagian bawahnya, beri centang pada kotak kecil "Invert the condition", lalu klik Ok untuk menutup window dan menambahkan kondisi tersebut ke daftar event. Langkah ini adalah untuk memastikan game TIDAK sedang memainkan musik, karena pilihan "Invert the condition" dicentang.

Klik "Add an action" untuk menambahkan perintah aksi, lalu pada window "Edit the action" yang muncul, buka pilihan "Audio", buka pilihan "Music on channels" dan pilih "Play a music on a channel".
Gambar 5

Pada bagian kanan, isi dengan berkas musik yang akan digunakan, dan pada "Channel identifier" biarkan saja bernilai 0. Ini artinya, anda memasang musik tersebut pada channel 0.
Dalam GDevelop, anda bisa memasang berkas suara, baik itu musik maupun efek pada beberapa channel tertentu, yang mana sangat berguna dan memudahkan untuk memodifikasinya nanti, misalnya anda ingin suara musik menjadi pelan atau keras, atau bisu sama sekali tanpa mempengaruhi suara yang lainnya yang ada di channel yang lain.
Pada "Repeat the sound" beri centang pada kotak kecil di sebelahnya, dan klik tombol kecil di ujung kotak kosong, lalu pilih yes pada window kecil yang muncul untuk memutar musik itu terus menerus (loop). lalu klik Ok.

Selanjutnya adalah menambahkan efek suara, jika anda belum punya berkas suara, anda dapat mengunduhnya secara gratis di situs penyedia efek suara atau anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi LabChirp.

Untuk menambahkan efek suara disaat koin diambil, anda tinggal menambahkan action baru pada event dimana koin tersebut bersentuhan (collision) dengan objek karakter (gambar 3). Gerakkan mouse anda ke atas kotak action yang sekarang bertuliskan "X Delete object Koin", dan klik "Add an action", kemudian buka pilihan "Audio" dan pilih "Play a sound".

Gambar 6
Pada bagian kanan, pilih file efek suara, dan klik Ok untuk menambahkan action tersebut ke dalam event.
Jika anda melakukannya dengan benar, maka sekarang daftar event anda akan menjadi seperti ini:

Gambar 7

Sekarang silahkan coba game anda, seharunya musik sudah mengalun secara terus menerus dan ketika koin diambil akan menghilang dan berbunyi. Jika tidak terjadi demikian, coba anda periksa lagi, apakah anda melakukan kesalahan dalam menambahkan event, condition dan action nya.

OK, guys! Demikianlah bahasan mengenai penambahan Pickable, musik dan efek suara, sekarang anda dapat bereksperimen dengan menambahkan beberapa objek pickable lainnya, menambahkan efek suara untuk melompat, terjatuh dan lain sebagainya. Pada kesempatan berikutnya akan saya bahas tentang Variable dan Global variable yang berguna untuk menyimpan nilai skor, jumlah nyawa dan lain sebagainya, juga menambahkan Objek Text untuk menampilkan nilai skor atau lainnya. Teruslah mengikuti Otak berlubang, dan jangan lupa share kepada teman yang lain.

Terima kasih! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar