Jumat, 04 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 6: Menambah Events

Pada bagian sebelumnya, anda sudah mempelajari cara menambah objek, memberikan animasi dan menyematkan behavior kepada objek dalam scene. Ketika anda mencoba menjalankan game anda tersebut, nampak jika objek karakter anda dapat bergerak ke kanan dan ke kiri juga melompat, namun terlihat sangat aneh karena objek tersebut tidak melakukan gerakan yang seharusnya (gerakan berlari atau melompat) dan hanya berdiri kaku saja, juga tidak berbalik sesuai dengan arah berjalannya.

Pada bagian ini, anda akan mempelajari bagaimana membuat objek anda mengganti animasi sesuai dengan yang diinginkan yaitu dengan menggunakan fitur Events. Events artinya peristiwa atau kejadian, dalam game, sebuah event dapat memicu event lainnya misalnya ketika anda menekan tombol panah kanan, maka game akan menanggapinya dengan menjalankan event yang sudah diprogramkan, misalnya menggerakkan objek ke kanan dengan kecepatan tertentu.



Dalam Gdevelop, membuat events sangatlah mudah, anda tidak perlu menghafal banyak SYNTAX untuk membuat kode-kode, cukup klik dan pilih event yang anda inginkan dan aksi yang harus dilakukan oleh game anda sebagai reaksinya.

Buka Projek sebelumnya (jika anda belum punya projek untuk dikerjakan, lebih baik baca dulu bagian 1, 2, 3, 4 dan 5), di mana objek anda sudah memiliki animasi dan behavior, juga sudah terdapat objek platform tempatnya berdiri dan berjalan.

Pada bagian atas, ada 2 tab, Scene dan Events, Tab Scene untuk menyunting panggung atau biasa disebut "level", dan tab Events untuk menyunting semua events dalam game. Klik tab Events, anda akan melihat bahwa di sana masih kosong seperti ini:

Gambar 1
Sekarang kita akan membuat objek karakter (Lakon) mengganti animasi ketika berjalan/berlari. Klik ikon "Add an event" pada menu bar di bagian atas window GDevelop:

Gambar 2
 Maka akan muncul dua buah kotak pada window event editor seperti ini:

Gambar 3
 Pada kotak bagian kiri adalah tempat menulis kondisi (sekarang bertuliskan No Conditions) dan pada bagian kanan (sekarang bertuliskan No Actions) adalah tempat menulis aksi/reaksi yang harus dilakukan oleh game.

Pertama, kita akan mengatur kamera untuk tetap mengikuti kemanapun karakter anda pergi.  Anda dapat mengatur pergerakan kamera dengan menggunakan kondisi, misalnya ketika terjadi sebuah percakapan antara 2 karakter. Namun pada kesempatan kali ini, anda tidak memerlukan kondisi apapun agar kamera terus menyorot karakter utama anda, maka pada bagian kondisi (kotak dengan tulisan No conditions) biarkan saja kosong. Gerakkan mouse anda ke atas kotak aksi (kotak dengan tulisan No actions), akan muncul pilihan "Add an action" di bawahnya, klik pilihan tersebut, maka akan muncul window "Edit the action"

Gambar 4
Lebarkan pilihan "Layers and cameras" lalu pilih "Center the camera on an object". Pada bagian kanan, klik tombol kecil di sebelah kotak isian Object, lalu pilih objek yang akan diikuti oleh kamera, pada projek saya, kamera akan terus mengikuti objek "Lakon" sebagai tokoh utamanya.
Sekarang anda bisa mencoba game anda, apakah kamera terus menyorot objek anda atau tidak? Jika tidak, coba anda periksa lagi, mungkin ada kesalahan.
Pengaturan kamera selesai, sekarang anda akan belajar mengganti animasi objek anda sesuai dengan kondisinya.

Tambahkan satu event baru, caranya klik lagi ikon "Add an event" seperti pada gambar 1, lalu setelah muncul 1 baris kotak kondisi dan aksi yang baru, gerakkan kursor mouse anda pada kotak bagian kiri (No Conditions) maka akan muncul pilihan "Add a condition" dibawahnya. Klik pilihan tersebut maka akan muncul window "Edit the condition", lalu klik segitiga kecil pada pilihan "Platform behavior" dan pilih "Is moving"

Gambar 5
Pada bagian kanan, klik gambar kotak berwarna biru pada bagian Object dan pilih objek karakter anda (objek saya bernama "Lakon") dan klik pada tombol dibawahnya pada bagian Behavior, biasanya akan terisi secara otomatis jika objek karakter tersebut telah memiliki behavior Platformer character, lalu klik tombol OK. Maka kotak kondisi akan terisi seperti ini:

Gambar 6
Sekarang kita akan memberikan aksi/reaksi kepada game, apa yang akan terjadi jika karakter lakon tersebut bergerak, dengan memberikan perintah mengganti animasi dari berdiri menjadi berjalan/berlari.
Dobel klik objek karakter pada kotak Objects editor sebelah kanan pada window GDevelop untuk melihat nomor animasi berjalan/berlari, dalam projek saya ini, animasi berjalan adalah nomor 1 (animation 1). Tutup kembali window "Edit the sprite object" setelah anda mengetahui nomor animasinya. Jika anda ingat semua nomor animasi karakter anda, tidak perlu melakukan langkah ini.
Gerakkan mouse anda ke atas kotak "No actions" maka akan muncul pilihan "Add an action", klik pilihan tersebut, maka akan muncul window "Edit the action"

Gambar 7
Lebarkan pilihan "Sprite" lalu pilih "Change the animation", pada bagian kanan, pilih objek karakter anda dengan klik tombol kecil bergambar kotak biru, lalu pada kotak Value, isi dengan nomor animasi berjalan (animation 1, diambil angkanya saja).

Lakukan sekali lagi langkah di atas untuk menambahkan kondisi ketika objek anda diam, maka animasinya harus kembali menjadi animation 0, namun sekarang pada kotak "Edit the condition", ketika anda memilih kondisi "Is moving", di bagian bawahnya berikan centang pada "Invert the condition", fungsinya adalah memberikan kebalikan dari kondisi tersebut, disini kondisi "Is moving" yang artinya "Sedang bergerak", jika kotak tersebut dicentang maka artinya menjadi "Sedang tidak bergerak".

Tambahkan kondisi lainnya untuk mengubah animasi ketika karakter melompat ("Is jumping") dan terjatuh ("Is falling"). Jika anda melakukannya dengan benar, maka hasilnya akan nampak seperti ini:

Gambar 8
Ketika anda mencoba menjalankan game anda pada tahap ini, objek karakter anda semestinya sudah dapat berjalan dan melompat, juga sudah menampilkan animasi yang sesuai dengan kondisinya. Jika ada yang salah, silahkan anda periksa kembali, kemungkinan ada yang tidak benar dalam memasukkan kondisi dan aksinya. Namun, objek karakter anda masih nampak sangat aneh, karena ketika anda mencoba menggerakkan objek tersebut ke kiri, objek tersebut masih menghadap ke kanan. Untuk itu anda perlu menambahkan 2 kondisi dan aksi yang baru, yaitu kondisi ketika tombol kanan dan kiri ditekan.
Tambahkan event baru, lalu "Add a condition" seperti langkah di atas, namun sekarang pada window "Edit the condition", lebarkan pilihan "Keyboard" lalu pilih "Key pressed". Pada bagian kanan, klik tombol kecil dengan huruf A, lalu tekan tombol panah kanan pada keyboard anda pada saat muncul window kecil bertuliskan "Choose a key", maka pada kotak akan tertulis "Right", lalu klik Ok.

Klik "Add an action", dan lebarkan pilihan "Sprite" pada window "Edit the action", lebarkan pilihan "Effect" dibawahnya, lalu pilih "Flip object horizontally", kemudian pada bagian kanan, pilih objek karakter anda, lalu klik tombol kecil di sebelah kotak kosong "Activate flipping", pilihlah "No" pada window kecil yang muncul, kemudian akhiri dengan klik Ok pada window "Edit the action".
Langkah ini adalah memberikan perintah kepada game, jika tombol panah kanan ditekan, maka "Jangan balikkan gambar" objek, karena gambar objek tersebut memang sudah menghadap ke kanan.

Ulangi langkah diatas untuk membuat event baru, untuk memberi perintah membalikkan gambar apabila tombol kiri yang ditekan. Langkahnya sama persis dengan langkah di atas, namun saat memilih tombol, tekan tombol kiri, dan pilih Yes pada saat memilih "Activate flipping".

Jika semuanya anda lakukan dengan benar, maka tab event anda akan terisi seperti ini:
Gambar 9
Sekarang silahkan anda coba jalankan game anda, dan lihat apakah animasi objek anda sudah benar pada saat dia diam, berlari, melompat dan terjatuh, juga saat menghadap ke kanan dan ke kiri. Jika semuanya sudah benar, selamat! Anda sudah berhasil!

Sampai di sini bahasan mengenai menambah events pada projek GDevelop, semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Pada kesempatan berikutnya, akan saya bahas mengenai menambahkan objek lain, seperti koin dan musuh.
Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar anda. Terima kasih! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar