Senin, 07 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 10: Menambahkan objek musuh

Langkah selanjutnya adalah menambahkan musuh yang dapat bergerak dengan gerakan sederhana. Untuk menambahkan musuh atau monster, caranya sama dengan menambahkan duri.
Jika anda belum memiliki gambar untuk musuh ini, anda dapat mengunduhnya disini.
Setelah anda menambahkan 1 objek baru, beri nama "monster" (atau apapun yang anda mau). Objek ini tidak perlu memiliki behavior, karena semua perilakunya akan diatur dari event editor saja. Kemudian tambahkan 2 buah objek pembatas, gambarnya cukup dengan sebuah kotak berukuran 32x32 pixel, dapat anda buat menggunakan MSPaint, 1 diberi nama "pembatas_kiri", dan 1 diberi nama "pembatas_kanan", gunanya untuk membatasi pergerakan monster sederhana ini.

Letakkan "pembatas_kiri" dan "pembatas_kanan" dalam scene dengan jarak yang cukup, agar ada ruang bagi "monster" untuk berjalan. Letakkan objek monster hingga sedikit bersentuhan dengan salah satu pembatas, gunanya untuk memberikan perintah padanya agar berjalan ke arah sebaliknya.

Gambar 1

Kemudian buka event editor, tambahkan sebuah event, "Add a condition", buka "All objects", buka "Collision" dan pilih "Collision". Pada bagian kanan, isi objek pertama dengan objek "monster" dan objek kedua dengan "pembatas_kiri". Klik Ok untuk menutup window tersebut.


"Add an action", buka "All objects", buka "Variables" lalu pilih "Modify a variable of an object". Pada bagian kanan, pilih objek "monster" dan pada pilihan variable, buat sebuah variable baru untuk objek "monster" ini, beri nama "kanan", biarkan nilainya tetap 0 , klik variable baru tersebut dan klik "Choose". Beri tanda "=" pada "Modification's sign" dan beri nilai 1 pada "Value", lalu klik Ok.

Lakukan sekali lagi langkah di atas, tapi kali ini untuk membuat event collision antara objek "monster" dengan objek "pembatas_kanan", dan pada kolom action, beri nilai 0 pada kotak "Value".
Jika semuanya benar, maka event editor anda akan nampak seperti ini:

Gambar 2
Sekarang kita akan menambahkan event baru yang mengatur pergerakan dari objek "monster" ini, termasuk di dalamnya pengaturan kecepatan berjalan dan arah menghadap dari gambarnya.
Jika anda menggunakan gambar yang saya berikan, atau jika gambar "monster" anda menghadap arah yang sama dengan gambar yang saya gunakan, anda tinggal mengikuti saja, namun jika gambar "monster" anda menghadap ke arah sebaliknya, anda tinggal mengatur action yang nanti akan kita tambahkan.

Tambahkan Event baru, "Add a condition", buka "All objects", buka "Variables" dan pilih "Value of an object's variable". Pada bagian kanan, pilih objek "monster", pilih variable "kanan", beri tanda "=" pada "Sign of the test" dan beri nilai 1 pada kotak "Value". Klik Ok.

"Add an action", buka "All objects", buka "Movement" dan pilih "Add a force". Pada bagian kanan, pilih objek "monster", lalu pada kotak "Speed on X axis (in pixels per second)" isi dengan nilai 50. Biarkan yang lainnya bernilai 0, lalu klik Ok.

"Add an action" sekali lagi, buka "Sprite", buka "Effect" dan pilih "Flip the object horizontally". Pada bagian kanan, pilih objek "monster", dan pada kotak "Activate flipping", pilih "yes" jika gambar monster anda menghadap kiri, dan "no" jika gambarnya menghadap kanan. Klik Ok untuk menutup window.

Langkah di atas adalah memeriksa apakah variable "kanan" pada objek monster bernilai 1, jika ya maka beri objek "monster" tersebut kecepatan sebesar 50 pixel per detik dan hadapkan gambar ke arah kanan.

Ulangi langkah di atas, tapi kali ini beri nilai 0 pada kotak "Value" untuk kolom condition, lalu pada kolom action pertama, beri nilai -50 di kotak "Speed on X axis (in pixel per second)", kemudian pada kolom action kedua, beri yes jika tadi and memilih no, begitu juga sebaliknya.
Jika semuanya benar, maka event editor anda akan nampak seperti ini sekarang:

Gambar 3
Coba anda jalankan game anda sekarang, seharusnya si monster sudah bisa bergerak bolak-balik dan arah menghadapnya sudah benar. Jika ada keganjilan (monster tidak bergerak, atau salah menghadap), silahkan periksa lagi action yang diberikan dalam 2 event yang baru anda buat.

Monster ini bukan monster yang kuat, namun cukup mematikan. Jika karakter anda menyetuhnya pada bagian depan atau belakang, maka karakter anda akan mati keracunan. Namun jika karakter anda menginjaknya, maka monster ini akan mati.

Pertama, anda buat event di mana monster terbunuh dengan menambahkan event baru, lalu buka "All objects", buka "Collision" dan pilih "Collision". Pada bagian kanan, pilih objek karakter anda pada kotak pertama dan objek "monster" pada kotak kedua. Klik Ok untuk menutup window.
Kemudian "Add a sub event" pada event yang baru dibuat, "Add a condition", buka "Platform Behavior" dan pilih "Is falling". Pada bagin kanan, pilih objek karakter anda dan pilih "PlatformerObject" pada kotak "Behavior". Klik Ok.
"Add an action" pada sub event yang baru, buka "All objects", buka "Objects" dan pilih "Delete an object". Pada bagian kanan pilih objek "monster" lalu klik Ok.
"Add an action" lagi, buka "Platform behavior", buka "Options" dan pilih "Allow again jumping". Pada bagian kanan, pilih objek karakter anda dan pilih "PlatformerObject" untuk kotak "Behavior". Klik Ok.
"Add an action" sekali lagi, buka "Platform behavior", buka "Controls" dan pilih "Simulate jump key press". Pada bagian kanan, pilih objek karakter anda dan behavior nya. Klik Ok.
Jika benar, maka event editor anda akan nampak seperti ini:

Gambar 4

Klik event Collision di atas sub event yang baru saja dibuat, lalu "Add a sub event" untuk membuat sub event baru, kemudian "Add a condition", buka "Platform Behavior" dan pilih "Is on floor". Pada bagin kanan, pilih objek karakter anda dan pilih "PlatformerObject" pada kotak "Behavior". Klik Ok.

"Add an action" pada kolom action di sub event yang baru dibuat, buka "All objects", buka "Variables" dan pilih "Modify a variable of an object". Pada bagian kanan, pilih objek karakter anda, pilih variable "mati" dari daftar variable yang tersedia, beri tanda "=" pada kotak "Modification's sign" dan beri nilai 1 pada kotak "Value". Klik Ok.

"Add an action" sekali lagi, kali ini buka "Variables", buka "Global variables" dan pilih "Value of a global variable". Pada bagian kanan, pilih variable "Nyawa" dari daftar global variable, beri tanda "-" (minus/kurang) pada "Modification's sign" dan beri nilai 1 pada kotak "Value". Klik Ok.
Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka event editor anda akan nampak seperti ini sekarang:

Gambar 5

Anda bisa mencoba menjalankan game anda, seharusnya objek "monster" yang anda tambahkan bisa terbunuh jika diinjak dan objek karakter akan mati jika menyentuh bagian lain selain punggung objek "monster" tersebut.

Satu langkah terakhir pada bagian ini, kita akan membuat objek "pembatas_kanan" dan "pembatas_kiri" tidak nampak pada layar, caranya sangat mudah yaitu dengan menambahkan sebuah event, "Add a condition", buka "Scene" dan pilih "At the beginning of the scene", lalu klik Ok.
Kemudian "Add an action", buka "All objects", buka "Visibility" lalu pilih "Hide". Pada bagian kanan pilih objek "pembatas_kanan" lalu klik Ok. Lakukan hal yang sama untuk objek "pembatas_kiri".

Gambar 6
Sekarang jika anda mencoba menjalankan game anda, maka game anda sudah memiliki monster yang bergerak ke kanan dan ke kiri, bisa dibunuh dengan cara diinjak, namun hati-hati, jangan terkena gigitan dan sengatannya!

Gambar 7
Demikian Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 10, Menambahkan objek musuh ke dalam scene dan memberikannya pergerakan sederhana. Anda bisa mengembangkan objek musuh ini supaya lebih agresif, lebih galak atau lebih susah dibunuh. Bagian ini adalah bagian terakhir dari rangkaian tutorial GDevelop untuk para pemula seperti saya.
Jika anda ingin melihat hasil akhir dari tutorial ini, silahkan KLIK DISINI untuk mencoba memainkannya.

Semoga ke depannya saya bisa menulis lagi tutorial dan artikel lainnya yang lebih baik dan bermanfaat.

Ikuti terus dan jangan lupa untuk share kepada kerabat dan teman. Terima kasih telah berkunjung dan membaca! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar