Selasa, 15 November 2016

Cara membuat tombol kontrol sentuh (On screen control buttons) pada GDevelop.


Jika game anda akan didistribusikan hanya untuk dipakai pada Windows, Linux atau web browser saja, mungkin anda tidak membutuhkan cara membuat kontrol sentuh ini. Lain halnya jika anda akan menerbitkan game anda untuk pengguna Android dan IOS, maka tombol sentuh harus ditambahkan sebagai pengganti keyboard, kecuali jika game anda hanya menggunakan mouse untuk melakukan aksi seperti dalam game Flappy bird atau Plants vs Zombies.

Menambahkan tombol sentuh (on screen control buttons) sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa baris events saja.
Pertama, tentu saja anda harus menyiapkan gambar (sprite) untuk tampilan tombol sentuh tersebut, dapat anda buat sendiri atau anda dapat mencari dan mengunduh dari internet dengan kata kunci "on screen game buttons".
Kedua, buat sebuah layer baru, tempatkan layer tersebut di atas layer yang lain agar gambar tombol tidak tertutup oleh objek lain, juga tidak terpengaruh oleh pergerakan kamera.
Ketiga, anda tambahkan beberapa objek sprite pada layer baru tersebut dalam projek anda, beri gambar tombol yang diperlukan, misalnya untuk berjalan ke kiri, ke kanan dan melompat. Tempatkan objek tombol tersebut sesuai dengan keinginan anda, namun di bawah kiri dan kanan layar adalah tempat yang ideal dan umum digunakan.
Keempat, anda buat events pada scene tersebut. Sentuhan pada layar perangkat android atau IOS sama dengan klik tombol mouse kiri pada komputer, maka semua events yang digunakan terdapat pada folder "Mouse and touch". Setiap kali tombol mouse diklik (atau ada sentuhan pada layar), game harus memeriksa koordinat klik/sentuhan tersebut, apakah ada di atas sebuah objek atau tidak, dan apakah objek tersebut memiliki actions yang harus dilakukan jika diklik/disentuh, begitu juga dengan events saat tombol mouse atau sentuhan dilepas.

Tambahkan events seperti gambar di bawah ini untuk menambahkan fungsi tombol sentuh pada game anda:
Gambar 1

Nama objek tombol pada projek saya dalam gambar tersebut adalah "k_kiri" untuk tombol kiri, "k_kanan" untuk tombol kanan dan "k_lompat" untuk tombol melompat, serta objek yang digerakkan bernama "lakon". Semua events pada tombol sentuh mensimulasikan tekanan pada tombol panah kiri, panah kanan dan tombol spacebar untuk melompat.
Anda dapat menambah tombol dan fungsi yang lain sesuai dengan kebutuhan pada game yang anda kerjakan, misalnya tombol tembak, pause, suara (mute), keluar (exit game) dan lain-lain.

Anda dapat mengunduh berkas dan aset contoh projek pada gambar di atas agar lebih jelas dan mudah dipelajari disini.

Demikian cara membuat tombol sentuh dalam GDevelop, semoga membawa manfaat bagi kita semuanya. Jika anda mendapat kesulitan dan punya pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.

Sekian dan terima kasih! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar