Selasa, 01 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 1: Apa itu GDevelop?



Gdevelop adalah sebuah perangkat lunak sumber terbuka yang dirancang untuk digunakan oleh semua orang dan tanpa memerlukan keahlian pemrograman sama sekali. Jika anda berminat membuat game anda sendiri namun tidak punya cukup waktu dan keahlian untuk mempelajari bahasa pemrograman, GDevelop adalah jawabannya karena GDevelop sangat mudah digunakan meski anda tidak memiliki pengalaman dalam membuat game sebelumnya, karena semua kode rumit yang anda butuhkan sudah disediakan oleh GDevelop, anda hanya tinggal memilih dan menggunakannya.


Gdevelop adalah sebuah perangkat lunak berbasis sumber terbuka (Open Source) yang mana dapat diperbaiki, diperbarui dan dikembangkan oleh siapa saja secara bebas dan distribusi serta penggunaanya bisa dilakukan oleh siapapun tanpa ada pungutan biaya apapun.


GDevelop dapat digunakan untuk membuat game HTML5, Android, Windows maupun Linux yang mana hal ini membuat semakin luas jangkauan dan jumlah penikmat game yang anda buat.

Saya sendiri masih baru dalam menggunakan GDevelop, namun saya rasa perangkat lunak ini sudah cukup untuk memuaskan rasa penasaran saya untuk membuat game saya sendiri. Saya akan mencoba membuat sedikit panduan dasar dalam menggunakan GDevelop untuk membuat sebuah game sederhana.

Sebetulnya, panduan resmi dari pembuat GDevelop sendiri juga sudah cukup meliputi semua aspek yang dibutuhkan oleh seorang pemula dalam membuat game, namun kendala bahasa menjadi rintangan utama dalam mempelajarinya karena panduan tersebut dalam bahasa Inggris yang sedikit ribet untuk dipahami.

Demikian perkenalan kita dengan GDevelop, sebuah perangkat lunak untuk membuat game, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, dan pada kesempatan kedepan, saya akan menulis tutorial singkat bahasa Indonesia dalam membuat game menggunakan perangkat lunak ini.

Terima kasih telah membaca :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar